Cara Mudah Mengganti Oli

Tips Mudah Mengganti Oli

IR-Usia mesin motor akan lebih panjang bila kita tidak terlambat mengganti oli. Mengganti oli secara berkala membuat mesin tidak mudah aus. Karena fungsi dari oli mesin adalah sebagai pelumas komponen mesin, mengurangi gesekan antar komponen, serta pendingin mesin.

Kinerja mesin akan lancar dan optimal apabila kualitas oli mesin  dalam kondisi baik. Merawat mesin kendaraan memang sebenarnya mudah, akan tetapi faktanya masih banyak yang lalai untuk service rutin. Padahal apabila sampai terlambat mengganti oli, akibatnya akan sangat berbahaya terhadap kesehatan mesin.

Kalo tidak sempat ke bangkel untuk service rutin, kita bisa melakukan sendiri. Jika ingin mengganti oli sendiri, letakkan motor pada tempat yang lebih tinggi dan posisinya harus sejajar antara depan dan belakang (tidak boleh miring).Kemudian, lepaskan penutup tempat pengisian oli, agar saat oli dibuang atau dikeluarkan atau dikuras dapat mengalir dengan lancar.

Lalu, siapkan sebuah wadah untuk menampung oli bekas, lepaskan baut penutup di  bagian bawah mesin (beberapa motor posisi baut penutup ada di samping mesin) dengan menggunakan kunci offside. Setelah oli bekas terkuras habis, tutup kembali tempat oli, perhatikan ketika pemasangan baut jangan sampai miring, karena akan berakibat kebocoran atau oli akan merembes. Setelah baut terpasang dengan baik dan benar, masukkan oli mesin yang baru sesuai dengan spesifikasi mesin motor. Kemudian tutup kembali baut mesin setelah oli terisi.

Sebaiknya, penggantian oli dilakukan saat kondisi mesin dalam keadaan panas, karena pada saat panas oli mesin dalam keadaan lebih encer dibandingkan dengan kondisi dingin, sehingga kotoran yang terlarut pada oli mudah mengalir keluar. 

 

Penulis

aris
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top