Sudarmono, Kunci Suksesnya Kerja Keras Dan Berlatih

Sudarmono momon pembalap honda Yamaha

IR - Tahun 2015 ini jadi pembuktian Sudarmono sebagai pembalap motor berkelas. Pasalnya pembalap asal asal Gunungkidul Yogyakarta ini tahun ini menggunakan tunggangan baru Honda CBR 600RR dibawah bendera Astra Motor Racing Team (ART).

Tim baru, semangat baru! Itu mungkin yang sekarang dirasakan Sudarmono atau biasa disapa Momon. Tahun 2015 ini Momon bergabung dengan tim Astra Motor Racing Team (ART) dibawah komando Benny Djatiutomo. Sebelumnya  selama dua musim (2013-2014), Momon bergabung dengan Tim Yamaha Yonk Jaya. Jadi untuk saat ini boleh disebut comeback ke rumah lamanya.

Momon memang punya talenta balap yang luar biasa. Namun karier balap Sudarmono tidak semulus yang dibayangkan. Diawal kariernya, dia harus sembunyi-sembunyi dari orang tua. Alasannya tentu bisa ditebak, bahwa balap motor berbahaya dan dinilai tidak memiliki masa depan. Namun tekad  Momon untuk berkarier di balap motor sangat kuat. Akhirnya dia memilih belajar balap secara otodidak.

Bermula dari sering menonton balapan di sirkuit dadakan Mandala Krida, Yogyakarta era awal 2000-an. Momon lantas memberanikan diri ikut balapan pertama kalinya.  “Waktu itu sekitar tahun 2004.  Karena waktu itu  nggak punya motor, saya pakai motor pinjaman. Itu aja pinjemnya susah banget, untuk mendapatkan pinjaman motor saya harus cari kesana-kemari. Alhamdulillah usaha saya untuk bias balapan dibayar dengan hasil yang baik. Pertama balapan saya langsung juara tiga di kelas lokal Yogyakarta,” kenang Momon yang asli Gunung Kidul, DIY ini.

Lelaki kelahiran 1985 ini terus berusaha untuk mewujudkan mimpinya menjadi pebalap profesional. Bakatnya pada dunia balap motor sudah terlihat sejak pertama kali balapan. Dengan usaha yang pantang menyerah untuk tetap balapan, meski bergabung bersama  tim privateer dan modal seadanya, Momon mampu meningkatkan talenta balapnya. Jalan menuju sukses mulai terbuka ketika di tahun 2005 dirinya mendapatkan kontrak pertamanya dari tim Yamaha Adhipusaka Purwokerto. Di tim tersebut Momon focus pada kelas Bebek 2-Tak Pemula dan Bebek 4-Tak Pemula.

Pelan tapi pasti, Momon mulai diakui sebagai pebalap handal. Dengan beragam prestasi yang dimilikinya, pada 2014  Momon dipercaya Yamaha Indonesia menjadi salah satu pebalap andalan di ajang balap dalam dan luar negeri . Karakter Momon yang kalem di luar sirkuit,  namun penuh taktik dan strategi ketika di dalam sirkuit membuatnya dipercaya mengembangkan Yamaha Jupiter Z1 versi balap beberapa tahun silam. Momon merupakan salah satu sosok dibalik lahirnya Jupiter Z1 versi balap.

Saat bernaung dibawah Yamaha,  Momon dan beberapa pebalap pilihan diikut sertakan pada salah satu balapan di Jepang, tujuannya agar bisa mengikuti ajang Suzuka 4 Hours Endurance Race. Motor yang dipakai Yamaha YZF-R6 yang merupakan jenis Supersport, tentu berbeda jauh perlakuannya dengan underbone Yamaha Jupiter Z1. “Meski demikian semua pengalaman dan ilmu yang saya dapat dari underbone bisa terpakai di atas supersport. Tapi tentu dengan banyak latihan dan menimba ilmu lagi kepada yang lebih berpengalaman.  Saya manfaatkan sebaik dan semaksimal mungkin kesempatan ini,” kata Momon.

Sikap Momon yang rendah diri dan ramah membuatnya disukai orang-orang disekelilingnya. Pribadinya yang kalem dan terbuka menjadikannya salah satu modal disamping skill dan talentanya. Kepekaannya terhadap motor, komunikasi yang baik dengan tim mekanik membuat Momon mudah mendapatkan settingan motor yang dikehendakinya.  Momon sadar apa yang diajalanai sekarang merupakan buah dari kerja keras yang dilaluinya, kini orang tua dan keluarganya memberikan dukungan penuh pada dirinya untuk berkarier dan berprestasi lebih baik lagi. Yang tidak kalah penting Momon mampu memanajemeni dirinya sendiri untuk bisa memiliki peforma yang stabil dan baik. Disiplin disebutnya hal utama yang tidak boleh dilanggar, pebalap adalah atlet, maka sikap dan prilaku layaknya seorang atlet.

Selain latihan di atas motor balapnya, Momon memiliki jadwal fitness yang rutin tiap harinya, hal ini di tempuh agar kondisi tubuhnya selalu prima. Untuk menambah stamina Momon juga melakukan adventure bermotor diwaktu senggangnya. “Karier  professional seorang pebalap bukan semata-mata datang karena kemampuan membalap yang bagus, namun harus dibarengi dengan sikap dan prilaku pebalap tersebut. Nama baik tim dan sponsor merupakan hal penting yang harus dijaga. Kemauan untuk maju dan pantang menyerah adalah modal selanjutnya yang harus dimiliki dan dipelihara pebalap,” tuturnya.

Penulis

aris
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top