Ini Bro Sist Penyebab Lampu Indikator Motor Vixion dan Mx Menyala

Komponen Water Pump

 IR –  Bro Sist terutama pengguna Yamaha Motor Vixion dan Mx, pasti pernah mengalami lampu indicator berwarna merah di spidometer menyala tanpa berkedip, masih banyak yang nggak tau apa sih penyebabnya, terkadang si pengguna menganggap disepelekan namun yang mengerti akan bertanya dan melakukan tindakan. Perlu Bro Sist sadari bahwa dengan menyala lampu merah adalah suatu isyarat bahwa ada salah satu komponen mesin yang terdeteksi sensor mengalami kerusakann.

Jika motor Bro Sist mengalami kejadian itu di sebabkan kerusakan pada sheal water pump, kerusakan terjadi akibat kelamaan pemakaian dan disarankan sama mekanik untuk menggantinya pada 30.000 km, selain mengganti sheal juga ganti water pump dan bearing karena itu merupakan satu rangkain, jika tidak diganti satu set sekaligus di khawatirkan penyakit tersebut akan timbul lagi.

Akibat yang di timbulkan kerusakan pada water pump sangat fatal dimana air radiator akan masuk kedalam mesin dan bercampur dengan oli, bercampurnya air radiator dengan oli menyebabkan oli nggak bisa bekerja dengan maksimal untuk melumasi, sehingga mesin berhenti berputar kalau bahasa mekanik Nge-game, selain air radiator masuk kemesin bercampur oli, air radiator yang sudah bercampur oli juga akan masuk ruang filter udara.

Gejala  lain yang dirasakan ketika terjadi kerusakan pada water pump yaitu suhu temperature mesin akan cepat panas dari batas normal sehingga berimbas ke performa mesin akan menurun. Tercampurnya oli dan air radiator saat penggatian oli terlihat mesin seperti berlumut kotoran nempel dimana-mana dalam mesin dan yang pasti oli tinggal sedikit. Berikut komponen Water pump yang perlu diganti yaitu :

  1. Water Pump Nomor Part, 1S7-E450-00
  2. Sheal Water Pump Nomor Part,93183-10801
  3. Bearing Nomor Part, 93306-000Y3.

Penulis

Marlon Ancha's picture
Marlon Ancha
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top