Biar Jaket Nggak Gerah, Pake Aja Alat Ini

MiClimate

IR-Nggak hujan, nggak terik kalo naik motor pasti bawaannya gerah. Namanya juga pake jaket, pasti gerah lah. Apalagi buat riders di negara tropis seperti Indonesia, udah pasti badan nggak akan pernah kering. Nggak peduli menggunakan jaket tipis atau tebel, pasti badan sama-sama kuyup karena keringat.

Terinspirasi dari para biker yang basah kuyup kegerahan karena jaket, seorang pria asal India, Pankaj Sinha mendirikan perusahaan MiClimate. Perusahaan ini merancang alat pendingin khusus untuk membuat tubuh pengendara motor lebih nyaman, baik saat cuaca dingin maupun panas. Cara kerja alat ini adalah dengan memanfaatkan teknologi thermoelectric. Teknologi ini sebelumnya sudah banyak diaplikasikan pada boks pendingin yang diletakkan di dalam mobil.Karena ukuran thermoelectric cukup kecil, alat ini bisa dipasang pada sabuk pengendara motor. Nantinya, udara masuk dari bawah alat, didinginkan oleh thermoelectric dan kemudian disalurkan ke balik jaket pemotor.Pankaj mengklaim, MiClimate bisa mendinginkan udara 18 derajat lebih rendah dari suhu luar. Jika digunakan di daerah yang beriklim dingin, alat ini bisa menghangatkan suhu hingga 36 derajat lebih tinggi dari suhu di luar.

Uniknya lagi, meski didesain untuk pengendara motor, namun alat ini juga bisa dipakai oleh mereka yang gemar melakukan kegiatan di luar ruangan, seperti berolahraga golf atau sekedar jalan-jalan santai mengelilingi pusat hiburan di hari yang panas. Sayangnya alat ini belum dipruduksi masal, MiClimate hanya dibuat sesuai pesanan. Nggak diinformasikan juga berapa harga alat ini. 

Penulis

aris
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top