Yang Beda dari Yamaha M1 2016, Nggak Ada Lagi “SEMAKIN DI DEPAN”

Yang Beda dari Yamaha M1 2016 Nggak Ada Lagi “SEMAKIN DI DEPAN”

IR-Mas Bro dan Mba Bro, akhirnya tim Factory Movistar Yamaha  resmi mengenalkan  Yamaha YZR-M1 untuk musim  2016 di Barceleno, Spanyol.  Sekilas, motor yang bakal digeber Rossi dan Lorenzo di MotoGP 2016 ini nggak banyak perubahan. Menurut Yamaha, perfoma M1 dimusim lalu masih cukup bagus.  Walaupun masih tetap menggunakan mesin sebelumnya, tapi ada perubahan di sektor software ECU yang sesuai regulasi harus menggunakan one make software dari Magneti Marelli dan juga ban yang sebelumnya pake Bridgestone kini pakai Ban dari Michelin. Oh iya, tulisan “SEMAKIN DI DEPAN”  juga nggak ada, diganti dengan logo BLUECORE.

                Berubahan juga terlihat di knalpot, Versi musim 2015 lalu desain Knalpot lebih panjang dan menjorok  ke atas, untuk musim ini lebih pendek. Apakah ini tujuan untuk peningkatan top speed? Pasalnya dimusim lalu, M1 keliatan kedodoran di trek lurus.  Disektor arm belakang, desainnya berubah dari musim sebelumnya, sekarang terlihat lebih besar dan kekar. Disektor pendingan mesin versi terbaru lebih lebar, mungkin demi pendinginan mesin agar kerja lebih maksimal.

            Kalo musim lalu, tepat dibagian depan, di bawah nomer pembalap ada kotak atau lubang kecil, sekarang nggak keliatan lagi. Di bagian samping atau fairing terlihat lobang udaranya lebih lebar versi sebelumnya dan garis desainnya beda IMHO, satu lagi yang cukup menarik ada frame yang sama sekali beda bentuknya, ada revisi di bagian tengahnya. Bisa jadi tujuannya agar fairing lebih lentur.

            Tempat duduk motor bagian belakang motor sekarang juga nggak ada sandaran kecil. Sedangkan bagian ujung depan lebih banyak lekuk lekuknya. Mungkin agar lebih kokoh memegang limpasan angin karena akan lebih stabil mencengkram hembusan angin saat motor digeber. Maklum bagian ini adalah bagian yang krusial dalam membelah angin. Disini akan menentukan balance motor saat kecepatan tinggi. 

Penulis

aris
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top