Ini tips Agar Tetap Fit Walau Sering Kehujanan

Ini tips Agar Tetap Fit Walau Sering Kehujanan

IR – Apakah riders termasuk orang yang sering mengeluh ketika hujan datang?  Padahal hujan harusnya menjadi berkah untuk kita dan seluruh isi bumi. Saat ini saya telah membiasakan diri untuk bersyukur ketika hujan datang. Walau hujan membawa kita ke berbagai kesibukan persiapan untuk melapisi diri ini agar tidak basah kuyup. Terlebih kita dalah seorang riders, yang sehari hari menggunakan kendaraan bermotor untuk kemana mana.

Sebenarnya bukan hujan penyebab dari kondisi badan kita menjadi tidak fit, tapi pola hidup serta sikap kita menghadapi hujan yang akhirnya menyebabkan tubuh ini melemah. Kunci dari sikap ini adalah sabar dan beradaptasi secepat mungkin, ditambah dengan beberapa tip berikut ini :

1.     Biasakan Mencuci Tangan dan Kaki
Setelah kehujanan saat berkendara, ada baiknya anda segera mencuci tangan dan kaki anda sehingga kuman kuman atau bakteri serta virus kotoran dari jalan hilang. Hal ini akan mengurangi anda terjangkit berbagai penyakit. Jadi kebersihan diri tetap terus terjaga.

2.     Pakaian Ganti Kering
Biasakan diri anda membawa pakaian ganti kering di dalam bagasi motor anda atau tas anda. Ketika hujan menerjang dan seluruh perlengkapan berkendara terpasang termasuk jas hujan, pastikan anda mengganti segera setelah tiba di lokasi dengan pakaian kering. Hal ini termasuk kaos kaki dan lainnya.

3.     Hindari ruangan ber AC
Setelah kehujanan lebih baiik hindari sementara ruangan ber AC, sampai badan anda benar benar terasa kering. Dengan menjedakan masuk ke ruangan AC tubuh anda jadi lebih baik beradaptasi.

4.     Perbanyak Minum Air Putih Hangat
Air putih dapat menetralisir racun dan juga sekaligus mengembalikan metabolisme tubuh. Terlebih air itu hangat, hal ini akan sangat baik untuk tenggorokan dan menghangatkan tubuh anda. Air ini dapat ditambahkan wedang jahe atau teh herbal jikalau mau.

5.     Gunakan Minyak Angin
Apabila tubuh anda kuyup karena kehujanan, sebaiknya anda gunakan minyak angin/ minyak kayu putih setelah anda mengganti pakaian anda dengan pakaian kering. Usahakan minyak ini ada selalu di tas anda untuk kondisi kondisi tertentu.

6.     Jangan Telat Makan
Telat makan dapat merusak metabolism tubuh. Terlebih anda telat makan diluar kebiasaan dari jam makan anda. Hal ini sangat berpengaruh terhadap daya tahan anda terhadap cuaca. Bahkan dari lambung atau pencernaan dapat menjadi sumber penyakit. Jadi pastikan jangan telat makan.

7.     Minum Obat Herbal
Obat herbal ini menjadi salah satu faktor yang meingkatkan daya tahan tubuh. Banyak obat herbal yang tersedia di pasaran seperti minyak Habbatussauda dan Madu Kurma. Kedua herbal ini sudah teruji dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Jika beberapa tips ini diikuti semoga anda tetap sehat di musim hujan kali ini. Jangan lupa juga untuk selalu sedia jas hujan sebelum kuyup di jalan.

 

Dari berbagai sumber

 

 

Penulis

thefannan's picture
thefannan
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top