Buat yang Mau Touring, Perhatikan T-Clock

Buat yang Mau Touring Perhatikan T-Clock

IR-Buat yang mau touring, apalagi pertama kali, ada baiknya ngecek kondisi motor. Tapi nggak usah bingung. Soalnya pabrikan pembuat motor sebenernya udah siapin panduan T-Clock. Jadi mas bro tidak usah bingung harus mulai dari mana mau cek kondisi sepeda motor sebelum jalan touring atau riding sehari-hari.  Semakin rajin mengecek T-Clock, maka semakin minim resiko motor ngadat di tengah jalan. Sebaliknya, semakin jarang memperhatikan kondisi sepeda motor, semakin terbuka ”jajan” di jalan.

1. T~ Tire and Wheel (Ban dan Lingkar Roda)

Periksalah tekanan angin ban, periksa kembangan ban (jika sudah gundul/botak segera ganti dengan ban baru), perhatikan retakan pada alur ban, cek ring-mur dan baut, periksa rem depan dan belakang.

2.     C~ Control (Perangkat Pengendali Motor)

Periksalah pengungkit gear transmisi dan pedal rem, kabel-kabel kelistrikan dan hidrolik. Jangan lupa saklar-saklar kelistrikannya. Selang hidrolik (Rem/Radiator) juga harus di kontrol. Penting juga memeriksa kabel gas dan kabel rem atau kopling

3.     L~ Light and Electric (Lampu dan kelistrikan)

Periksalah lampu-lampu. Pastikan lampu utama, lampu rem, lampu sein dan lampu indikator speedometer bekerja dengan baik.

4.     O~ Oil and Other Fluid (Pelumas, Air Radiator, Minyak Rem dan Bensin)

Pastikan  jumlahnya bahan bakar, pelumas, air radiator dan minyak rem cukup dan sesuai untuk dipakai selama perjalanan. Periksalah Apakah ada kebocoran pada tabung penampungan atau tidak.

5.     C~ Chasis (Rangka Sepeda Motor)

Periksa  suspensi (pegas dan pelumas shockbreaker depan) serta perangkat penerus daya (rantai, belt atau gardan).

6.     S~ Stand (Standar/Penyangga Motor)

Cek posisi standar atau penyangga motor (standar samping dan tengah) apakah dapat kembali ke posisi normal. Jika tidak maka akan beresiko membahayakan laju sepeda motor anda.

 

Teks : Aris Dipo

Foto : Istimewa

 

 

 

Penulis

aris
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top