Z-Car, Cikal Bakal Mobil Kencang Dari Nissan

mobil klasik nissan fairlady z datsun 240z z-car

Bulan Oktober 1969 merupakan sejarah bagi Nissan yang mengenalkan dan memasarkan Nissan Z-Car untuk pertama kalinya. Z-Car merupakan mobil seri sport yang diproduksi pabrikan asal Jepang ini, mencoba mencicipi kue pasar mobil sport yang merupakan ‘mainan’ yang menjadi trend baru tiap pabrikan mobil kala itu.

Nissan Fairlady Z merupakan Z-Car pertama dari Nissan, hadir dua versi, untuk pasar Jepang dengan nama Nissan Fairlady Z dan untuk pasar Amerika Serikat (AS) dengan nama Datsun 240Z. Nuansa sporty amat kental pada desain eksterior maupun interiornya yang hanya menyediakan 2 tempat duduk saja. peforma mesinnya pun tergolong luar biasa.

Selain nama yang berbeda, mesin yang dicangkok pada engine-bay nya berbeda pula antara kedua tipe ini, untuk pasar Jepang ‘cukup’ di suplai mesin degan kode L20A yang merupakan mesin 6 silinder segaris dengan kapasitas 2.000 cc SOHC (Single Over Head Camshaft) yang mampu menghasilkan power maksimun 130 PS (96 kW).

Untuk pasar AS perlu power lebih untuk menyaingi mobil-mobil sport asal amerika yang terkenal dengan kasitas mesin besar. Mesin dengan kode L24 memiliki konfigurasi silinder yang sama dengan versi jepangnya bedanya, kapasitas 240Z lebih besar 400 cc atau memiliki kapasita 2.400 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum di angka 151 hp (113 kW).

Desain coupe dari Fairlady Z dan 240Z sangat khas, dengan bonnet yang panjang menandai pemakaian mesin dengan dimensi yang besar dan panjang. Tiap sisi hanya dihiasi satu pintu dengan bagian buntut yang pendek namun padat.

Penjualan Z-Car seri dari Nissan menuai sukses, tampilan dan peformanya digemari pasar Jepang maupun AS. Untuk seri pertamanya di AS terjual sampai dengan 45.000 unit, jumlahnya makin bertambah pada seri-seri selanjutnya.

Sampai saat ini Nissan masih terus mengembangkan mobil-mobil baru untuk seri Z-Car dan tetap memiliki di hari para penggemar mobil. Bahkan Fairlady dan 240Z merupakan mobil yang banyak dicari untuk dikoleksi.

 

Foto       : www.carstyling.ru, www.mad4wheels.com, www.classicandperformancecar.com  

Penulis

Adithya Nurcahyo's picture
Adithya Nurcahyo
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top