Persiapan Deklarasi Yvci Chapter Enrekang Regional Sulawesi Selatan

IR – Kabupaten Enrekang merupakan salah satu Kabupaten yang termasuk ke dalam Provinsi Sulawesi Selatan, dan untuk mencapai Kota Enrekang ditempuh melalui jalur darat kurang lebih sekitar 6 jam dari Kota Makassar. Kota Enrekang mempunyai panganan tradisional yang menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Enrekang antara lain "Dangke" yang populer dengan sebutan keju khas Enrekang di samping berbagai jenis kue tradisional. Saat ini Enrekang terus berbenah diri memacu sektor pariwisata sebagai salah satu sektor primadona  untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Selain Dangke, beragam jenis kue yang menjadi kuliner khas adalah deppa, baje kotu, baje canggoreng, nasu cempa, taripang, barongko dan masih banyak lagi makanan khas Enrekang lainnya. Brader Sister jika mau touring kesana rugi kalau nggak mencicipi makanan tersebut dan juga bisa buat oleh-oleh untuk keluarga atupun teman. Soal harga nggak perlu khawatir kejangkau kug karena murah meriah dan pastinya nikmat banget.

Enrekang juga kaya akan obyek wisata alam yang cukup mempesona seperti penorama alam  Buntu Kabobong, permandian alam Lewaja, bungker peninggalan serdadu Jepang di perang Dunia II yang menempel di bibir tebing di Kecamatan Anggeraja poros jalan  menuju Tanatoraja dan banyak lagi terdapat Goa bersejarah di beberapa wilayah lainnya seperti di Kecamatan Baraka. Disana juga terdpata Sungai Mata Allo dan Sungai Saddang yang membelah Kota Enrekang, dijadikan arena kegiatan Arung Jeram yang diminati banyak wisatawan yang gemar berpetualangan.

Dari segi Agrowisata yang dikembangkan pemkab setempat sejak puluhan tahun juga jadi daya tarik wisatawan seperti kawasan perkebunan kopi Arabika yang dikenal dengan "Kopi Bungin" memiliki citarasa khas yang digemari wiatawan Jepang. Enrekang juga punya perkebunan murbei dan penghasil benang sutera, markisa, pepaya serta pisang tanduk yang buahnya mencapai panjang hingga satu meter, tidak seperti buah pisang kebanyakan hanya 10-15 sentimeter, juga ada buah salak khas. Enrekang juga dikenal sebagai penghasil sayur-sayuran  berupa kentang, kol, tomat, cabai, timun, kacang tanah, kacang hijau, kacang merah untuk memenuhi kebutuhan warga Makassar dan sekitarnya serta sebagian diantarpulaukan ke Kalimantan Timur dan sejumlah kota di Timur Indonesia lainnya.

Itulah kenapa Enrekang menjadi salah satu tujuan paforit para bikers untuk melaksanakan touring, disamping mengunjungi tempat wisata dan wisata kulinernya, juga karena jalurnya yang menantang, diperlukan fisik dan konsetrasi untuk melibas apspal kudu melewati bukit, gunung, tanjakan, turuna, tikungan tajam di kanan kiri terdapat jurang yang dalam. Bro Sister nggak perlu khawatir nyasar di Enrekang, di sana juga seperti kota lainnya terdapat beberapa komunitas motor yang bisa disinggahi untuk sekedar sowan dan melepas lelah.

Dintara salah satu komunitas motor di Enrekang, dalam waktu dekat ini akan hadir, yaitu Yamaha Vixion Club Indonesia (YVC-I), sementara masih dalam proses persiapan untuk Deklarasi, berbagai aktifitas telah mereka laukan diantaranya, mengajaka pengguna motor vixion untuk gabung atau sekedar menginfokan tentang club YVC-I,  kopdar internal dan kopdar gabungan Regional YVC-Indonesia Sulawesi Selatan. Mohon doa dan suportnya agar semua dilancarkan dalam usaha untuk Deklarasi dan menjadi bagian dari keluarga besar Yamaha Vixion Club Indonesia, nantinya jadi Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Enrekang dengan kode chapter (YVCI-EM),”tutup Bro Muslimin salah satu pendiri YVCI-EM”.

Penulis

Marlon Ancha's picture
Marlon Ancha
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top