Terhanyut Body Rafting, di Citumang Pangandaran

Citumang Body Rafting Pangandaran Wisata Alam Citumang Sungai Citumang

IR – Lelah, dan letih seusai melaksanakan perjalanan jauh menggunakan motor rasanya terbayar sudah. Jauhnya perjalanan dan sumpeknya ibukota sudah tidak terbanyang. Saatnya sekarang ber”body rafting” ria di sungai Citumang. Apa itu Body Rafting? Tampaknya ini adalah suatu petualangan baru. Berbedakah dengan rafting yang biasa kita lakukan?

Body rafting berbeda dengan rafting, karena dengan body rafting hanya menggunakan pelampung dan membiarkan diri kita bterhanyut terbawa arus air sungai. Sedangkan rafting pasti menggunakan perahu karet, dayung, pelampung dan helm. Body Rafting melewati sungai dan tidak seperti rafting, sungainya tidak berarus deras. Kita membiarkan diri kita terhanyut dan berenang di aliran sungai dengan hanya pelampung sebagai pengaman.

Citumang adalah salah satu objek wisata yang terletak di Desa Bojong kecamatan Parigi Ciamis. Jaraknya kurang lebih 15 km sebelah Barat Pangandaran. Lebih tepatnya sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran –Cijulang. Kalau dari kota Ciamis jaraknya kurang lebih 95km. Perjalanan dari arah jalan raya kurang lebih bisa ditempuh dengan waktu 30-45 menit, dan jalannya belum begitu bagus, jadi persiapkan diri anad agak offroad sedikit. Sedangkan tanda jalan untuk masuk ke wilayah citumang cukup kecil sehingga berpatokan pada pom bensin menuju parigi atau lebih tepatnya timur dari Pantai Pangandaran dan saran saya riders lebih baik bertanya.


Lanskape alam wilayah ini cukup indah, dengan rerimbunan pohon yang mengelilingi lokasi, serta hamparan sungai yang terlewat di beberapa sisi jalan masuk. Sesampainya dilokasi kita akan temui pintu masuk, namun di lokasi ini minim sekali warung, sehingga ada baiknya riders membawa bekal yang bisa di beli di minimarket/ warung sebelum di lokasi.

Ingat, petualangan anda belum berakhir, karena dari pintu masuk anda butuh berjalan kurang lebih 60 menit kearah hulu sungai. Perjalanan ini melewati jalan jalan setapak dan bukit bukit pinggir sungai. Untuk tiket beserta pelampung disewakan 65 ribu rupiah per kepala (update 2015), mintalah guide local menemani. Karena guide ini akan memberikan para riders info tentang sejarah sungai ini.

Sebelum memasuki air di hulu anda dipastikan wajib untuk melakukan peregangan dan pemanasan tubuh. Sang guide akan memandu dengan games games menarik, sehingga memecahkan suasana. Batu batu besar dengan rimbunnya pohon menyambut anda. Ditemani dengan suara aliran air terjun mini anda akan menikmati suasana alam ini. Bahkan di ujung hulu anda diajak masuk ke dalam gua yang dikenal dengan nama Goa Taringgul namun kemudian diberikan nama baru sebagai Sanghyang Tikoro (Batara Tenggorokan).


Di depan gua, anda dapat mencoba uji nyali anda dengan terjun bebas setinggi 5 meter dengan menaiki akar pohon sebelah pinngir gua. Tampak sekali air sungai ini bening berwarna biru atau hijau. Lepas dari sana kita akan dibimbing untuk terjun di air terjun mini dan mulai berjalan beriringan seperti layaknya kereta dengan hanya menyangkutkan kaki kita ke tubuh teman kita didepan.

Jangan lewatkan juga berayun dengan seutas tali untuk kemudian menceburkan diri ke aliran air Citumang. Ada baiknya riders membawa kamera kedap air atau gopro agar dapat menikmati keindahan alam citumang dan menyimpannya dalam bentuk foto atau video. Airnya sejuk dan dingin, nikmatilah suasana sepanjang sungai, ini adalah privacy di tengah alam yang asli, indah dan eksotis.

Tetapi tetaplah berhati hati, karena batu batu besar ini licin. Walau tidak tajam namun jikalau badan terhempas ke batu, pasti beresiko juga untuk terluka. Jangan lupakan juga pakaian ganti anda, dan untuk kamar bilas sudah tersedia di lokasi setelah puntu keluar.

Tertarik menuju ke lokasi ini rider? Catat alamat GPS ini, masukan koordinat ini untuk membimbing anda menuju lokasi Citumang, S 07˚ 38.674| E 108˚ 32.090 |. Selamat bertualang Riders.

 

Penulis

thefannan's picture
thefannan
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top