Antara Indonesia dan Finlandia untuk MotoGP 2017

MotoGp 2017 Indonesia MotoGp sentul Finlandia MotoGp 2107

IR – Siapa yang akhirnya dipilih oleh Dorna untuk menjadi kandidat pelaksanaan MotoGP 2017? Mari kita liat kesiapan dari negara kita dan Finlandia untuk memastikan duduk sebagai penghelat acara besar balap motor di dunia ini.

Finlandia, merencanakan perhelatan akbar ini digelar di Kymi Motorsports Park. Arena yang sedang dibangun ini berada di Kausala yaitu suatu daerah di timur laut Helsinki ibukota dari Finalnia. Treknya dibangun dengan panjang 4,8 km. Perencanaan pembangunannya pun ditargetkan selesai di pertengahan 2016 ini.

Kausala adalah wilayah pedesaan dengan lanskape yang luar biasa, dengan bentang alam yang lengkap dimulai dari danau dan perbukitan yang dipenuhi pohon pinus. Ditambah daerah ini juga merupakan daerah yang dingin. Cocok sekali untuk liburan dan berwisata sekaligus menonton MotoGP.

Bagaimana dengan Indonesia? Saat ini kesimpang siuran dari perhelatan yang mau ditempatkan dimana, kamipun belum mendapatkan kejelasan. Yang paling jelas sirkuit Sentul sudah tidak mungkin mengadakan perhelatan akbar ini. Ditambah statement dari Kemenpora dimana Kementrian ini akhirnya mengambil alih perhelatan MotoGp di Indonesia. Dan sampai saat ini belum ada kejelasan mau membuat sirkuit barukah? Atau mencari sirkuit yang bisa dibangun cepat selama setahun untuk perhelatan di tahun 2017.

Negara ini bukan tidak indah dalam hal lanskape dan bentang alam. Indonesia adalah negara yang luar biasa, namun apakah mungkin membangun sirkuit internasional dalam waktu 1 tahun. Yang ditakutkan adalah perencanaan yang kurang matang karena mengejar target 2017 bisa merusak focus sehingga dikerjakan secara terburu-buru bahkan kurang matang.

Karena pembangunan sirkuit dengan taraf internasional harus juga dipersiapkan infrastruktur pembantunya. Selain akses juga terdapat akomodasi dimana dapat dipastikan team team internasional akan tinggal dihotel terdekat lokasi dan lainnya. Belum fasilitas pembantu lainnya seperti rumah sakit dan bandara setempat. Apakah negara kita memungkinkan?

Terlebih Dorna Sports selaku pemegang hak komersial gelaran MotoGP mulai meragukan kesiapan Indonesia menggelar ajang balap akbar ini. Sebab Carmelo Ezpeleta sang punggawa dari Dorna mulai memberikan angin segar kepada Finlandia. "Finlandia bekerja sangat profesional. Mereka memiliki semua rencana dan dokumen yang telah lama kami inginkan. Mereka juga mampu memenuhi persyaratan serta pengajuan dengan tepat waktu," ungkap Ezpeleta.

Jadi bagaimana nasib kita? Tetap berharap dan semangat berjuang, walau melihat kenyataan dilapangan tampak pesimis. Tanpa dukungan semua pihak sepertinya tidak mungkin kita helat acara akbar ini.

 

Penulis

thefannan's picture
thefannan
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top