Tradisi Balapan Malam Yamaha Cup Race di Makassar

Makassar-Seri ke-7 Yamaha Cup Race (YCR) hadir di tengah-tengah masyarakat Makassar. Yang sangat dinantikan, balapan malam di kota ini menjadi suguhan akbar akhir pekan ini di sirkuit area Trans Studio, Jumat-Sabtu (26-27 September).

Dari 8 seri YCR di kalender musim ini, hanya ada satu seri balapan malam dan Makassar dipilih sebagai lokasi pelaksanaannya. Dalam tiga tahun terakhir (2012-2014) digelar di sirkuit area Trans Studio. Tahun ini digelar dua hari, kualifikasi di Jumat malam 26 September dan race Sabtu malam 27 September.

"Balapan malam paling dinantikan karena ini balapan beda yang disukai rider dan juga penonton. Makassar daerah yang identik dengan balapan malam Yamaha dan tradisi ini kami teruskan hingga sekarang. Bahkan bisa dibilang sudah jadi habit pembalap Sulawesi yang rutin ikut YCR nasional danYCR daerah yang digelar malam hari," ujar Supriyanto, Manager Motorsport Yamaha Indonesia.

Yamaha adalah pionir balapan malam road race di Indonesia. Di 2011 pertama kali Yamaha menggelarnya di Lapangan Gasibu Bandung. Musim itu 3 kali diadakan balapan malam di Bandung, Jember dan final di Yogyakarta.

Sejak itu rutin di kalender YCR balapan malam disuguhkan. Tahun ini penerangan ditambah menjadi 120 titik dengan kekuatan 6000 watt di sirkuit yang panjangnya 817 meter ini.

Para pembalap menikmati race malam yang membutuhkan fisik prima ini. Untungnya, pembalap-pembalap Sulawesi sudah terbiasa balap di malam hari. Biasanya mereka turun di 3 seri YCR daerah yang diadakan tiap tahun. Seperti tahun ini di sirkuit GOR Sudiang Makassar, sirkuit RMS Land Sidrap Sulawesi Selatan, sirkuit Stadion H.S.Megga Polman Sulawesi Barat.

Penulis

Mohammad
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top