Suzuki Indonesia Challenge Samarinda, Berjibaku di Sirkuit High Speed

Suzuki Indonesia Challenge Samarinda Berjibaku di Sirkuit High Speed

IR – Putaran kelima Suzuki Indonesia Challenge – Satria Cup 2015 di Sirkuit Kalan, Samarinda, Kalimantan Timur disuguhkan sirkuit permanen dengan karakter high speed, sirkuit yang dibangun untuk menghajat cabang olahraga balap motor pada PON (Pekan Olahraga Nasional) 2008 silam ini memiliki sejarah manis dengan Suzuki.

"Saat itu merupakan kali pertama PON menghajat cabang olahraga balap motor dengan format one make race alias seluruh atlet cabang olahraga ini menggunakan motor yang sama dari pabrikan Suzuki, ketika itu Satria FU 150 menjadi salah satu motor yang dipakai. Dan saat ini kami kembali ke sirkuit ini mencari bibit-bibit handal dari Kalimantan," ujar Yudi Febrianto, Section Head Racing PT. SIS 2W.

Sirkuitnya memiliki tantangan tersendiri, dengan panjang total 1.200 meter ini ‘hanya’ dihiasi 7 tikungan yang artinya terdapat banyak jalur lurus di sirkuit ini, boleh lah disebut sirkuit high speed yang memanjakan kecepatan.

Radius pertama (R1) menjadi salah satu spot yang menarik karena di belokan ke kiri ini kontur treknya menanjak dengan derajat lumayan curam, makin menarik lebar sirkuit sangat memperhatikan sisi keamanan, dengan tiap bagian trek memiliki lebar lintasan tak kurang dari 8 meter.

Indonesia Riders berkesempatan ‘mencicipi’ sirkuit ini menggunakan Suzuki Address, secara kualitas aspal memiliki permukaan yang ‘bersahabat’ dengan ban FDR Tire yang digunakan di seluruh Satria FU 150 versi SIC. Kondisi sirkuit bertipe clockwise (putaran searah jarum jam) ini menjanjikan pertarungan yang rapat bagi ke-80 peserta yang ambil bagian.

Penulis

Adithya Nurcahyo's picture
Adithya Nurcahyo
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top