Sisi lain Kehidupan Seorang Abdi Negara

IR – Terjun di dunia bikers bukanlah suatu keharusan atau adanya unsur paksaan, namun semata-mata hanya untuk menyalurkan hobby, menjalin tali silaturrahmi dan memperbanyak saudara. Ketika gabung di komunitas atau club motor otomatis sudah siap mengikuti aturannya, seperti Anggaran Dasar dan anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang sudah di tetapkan. Pada saat berada dilingkungan atau kegiatan club kedudukan anggota semuanya sama rata dengan yang lainnya tanpa melihat latar belakang pendidikan, pangkat dan jabatan juga tidak ada istilah junior atau senior.

Komunitas atau Club motor rata-rata anggotanya terdiri dari berbagai suku, agama, latar belakang dan profesi, semua berbaur dalam satu hobby serta visi misi yang sama, salah satu diantara sekian yang ikut dalam club motor yaitu Muhammad Reza Samal yang akrab disapa bro Reza, anggota YVC Indonesia Chapter Pemalang, merupkan Abdi Negara dari Kepolisian Republik Indonesia Brigade Motor ( BM ), bertugas di Sat Lantas Polres Pemalang. Rutinitas sehari-hari dikepolisian dari pagi diawali dengan apel pagi bersama di kantor Sat lantas pada pukul 06.00 Wib dan dilanjutkan dengan mengatur lalu lintas dijalan, setelah itu menuju ke pos melanjutkan tugas lainnya hingga pukul 20.00 wib. Kalau lgi dapat giliran jadwal piket malam, dmulai dari pukul 20.00 sampai pukul 08.00 pagi.

“Ketertarikan untuk ikut didalam club motor karena memang Saya hobby turing sekaligus menularkan ilmu Saya tentang lalu lintas dan Safety Riding kepada masyarakat luas, serta memperbanyak saudara dan teman, meskipun pada dasarnya pandangan masyarakat awam terhadap club motor adalah sama dengan geng motor, maka saya dan teman-teman dari YVC Indonesia Chapter Pemalang menunjukkan berbagai kegiatan positif, seperti bakti sosial, tertib dalam berlalu lintas serta bermitra dengan Kepolisian, sehingga cara pandang masyarakat terhadap club motor perlahan mulai berubah”lanjut bro Reza.

“Dalam bertugas saya membawa unit motor besar (Moge),  terkadang dapat tugas untuk melaksanakan pengawalan khusus VVIP, pengalaman mengawal bukan hanya di dalam Kota Pemalang namun pernah juga mendapat tugas pengawalan hingga luar kota bahkan sampai ke Denpasar Bali saat itu  dalam rangka acara KTT APEC, mengawal tamu kenegaraan dan pemimpin Negara Sahabat dan pada tahun 2015, saya juga pernah mendapatkan kehormatan untuk mengawal hajat pernikahan Putra Sulung Presiden Joko Widodo di Kota Solo” ucap bro Reza.

Sebagai Abdi Negara dalam membagi waktu antara tugas,keluarga dan hobby tidaklah sulit, saat sedang cuti atau sedang tidak dalam ikatan Dinas, selalu menyempatkan waktu untuk sekedar kopdar dan mengikuti kegiatan lainnya bersama teman-teman di club Yamaha  Vixion Club Indonesia Chapter Pemalang, selain aktif di YVC Indonesia sudah 4 tahun, juga aktif di komunitas motor besar Freedom Riders Cikarang.

“Menurut saya perbedaan antara sebuah club motor dan geng motor jelas berbeda. Hal ini bisa ditunjukkan dengan berbagai macam kegiatan positif yg dilakukan oleh club motor dan berbanding terbalik dengan apa yg dilakukan oleh geng motor yg cenderung melakukan aksi anarkis dan kriminal, Sebagai anggota kepolisian saya selalu memberikan himbauan ke teman-teman di club dan juga kepada bikers yang mampir di pos jaga untuk melepas lelah sebelum melanjutkan perjalanan, agar selalu mentaati aturan lalu lintas, menghindari penyalahgunaan narkoba dan minuman beralkohol” tutup bro Reza.

Kesibukan sebagai anggota Polisi dan aktif di berbagai Organisai bukanlah berarti melupakan tugas dan tanggung jawab lainnya sebagai Kepala Rumah Tangga, ketika di rumah sosok Orang Tua dengan Anak 1 ini tetap menjadi sosok yang baik seperti Orang Tua pada umumnya sayang sama keluarga, melakukan berbagai aktifitas rumahan lainnya, dari merawat mengganti pakaian dan memandikan anaknya sampai bersih-bersih rumahpun dikerjakan, dan ketika libur selalu meluangkan waktu kumpul sama keluarga, mengajak Anak dan Istri untuk liburan meninggalkan sejenak rutinitas sebagai Abdi Negara.

Penulis

Marlon Ancha's picture
Marlon Ancha
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top