IOX JOLI 2016 Dirtbike Didukung BNN Eksplorasi Jawa Tengah

BNN IOX JOLI 2016 AHRS Racing Products AHRS

IR – Ekspedisi Indonesia Off-road eXpedition (IOX) Jogja – Bali (JOLI) 2016 Dirtbike hingga hari kelima, Kamis (18/2/2016) sudah memasuki kawasan Jawa Timur setelah mengeksplorasi daerah Jogjakarta dan Jawa Tengah.

Tahun ini, Tim IOX JOLI 2016 Dirtbike yang berlangsung 13-28 Februari 2016 mendapat dukungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai duta anti narkoba dalam kesepakatan yang dibuat antara BNN dan IOX Adventure Club oleh Komjen Pol. Budi Waseso dan Dandozy Matram selaku Ketua IOX dalam Gala Dinner di kawasan Candi Prambanan.

“Dalam kaitannya dengan pencegahan penyalahgunaan narkotika, kami melihat event IOX JOLI 2016 sangat tepat karena mereka bisa membawa misi tersebut hingga ke pelosok pedesaan yang kini juga rawan peredaran. Dengan menggandeng para off-roader ini, BNN ingin merangkul komunitas otomotif sebagai duta antinarkotika,” tukas Budi Waseso.

Misi yang diusungnya selain turut mengampanyekan pencegahan penyalahgunaan narkotika dan mempromosikan pariwisata Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali, IOX JOLI 2016 juga berkaitan dengan penyelenggaraan Asian Games di Palembang pada tahun 2018. 

Pada pelepasan yang dilakukan Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso di halaman Alun-alun Keraton Jogjakarta, Sabtu (13/2/2016) lalu, rombongan off-roader roda dua  memasuki jalur fun off-road Kulon Progo untuk selanjutnya finis di Candi Prambanan sebagai basecamp pertama.

Setelah melakukan kemah bersama di Candi Borobudur, rombongan menuju kawasan Gunung Merapi dengan melalui jalur bervariasi mulai sungai, bukit dan hutan pinus serta alur lahar di lereng Merapi. Peserta diuji kemampuan fisik dan mental serta kerjasama untuk bisa keluar dari jalur yang dibekali titik kordinat di GPS.
Menurut Teddy Wibowo, Kordinator IOX JOLI 2016 Dirtbike, format event IOX adalah ekspedisi bukan kompetisi  sehingga dituntut kekompakan antarpeserta dalam melalui semua tantangan.

“Jadi selain harus memiliki fisik prima dan juga pengetahuan teknik soal kendaraan, IOX juga mengajarkan bagaimana bertahan di tengah alam serta saling bahu membahu setiap tim sebagai salah satu penilaian nanti. Peserta tahun ini hampir mewakili seluruh daerah di Indonesia, mulai Aceh, Kalimantan, Makassar termasuk kota-kota di Jawa dengan total peserta 67 off-roader,” sebut Teddy.

Dari kawasan Merapi, rombongan dijamu oleh Pemkab Klaten yang sengaja ingin memperkenalkan potensi daerahnya kepada para off-roader. Ajang ini juga sekaligus menjadi arena ujicoba kekuatan empat unit Kawasaki KLX450R dukungan dari Junior Motor Sport dan perlengkapan apparel terbaru koleksi AHRS.

Perjalanan selanjutnya yang ditempuh dari Klaten adalah menuju kawasan Gunung Popok Wonogiri  dengan medan bukit terjal bebatuan hingga akhirnya bermalam di sekitar Dusun Susukan Pare. Keramahtamahan warga setempat terlihat dari bantuan yang diberikan saat peserta mengalami masalah hingga menyuguhkan makanan hingga penginapan.

Ekspedisi di Jawa Tengah berakhir di Waduk Gajah Mungkur yang berjarak 4 km namun harus dilalui hingga 12 jam oleh para peserta dari sulitnya medan.  Namun, keletihan yang melanda terbayarkan oleh keindahan areal wisata Gajah Mungkur dengan segala potensi wisatanya. Setelah bermalam di Gajah Mungkur, rombongan kemudian bergerak menuju daerah Jawa Timur.  

Penulis

Mohammad
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top