Suzuki Indonesia Challenge 2015 Sidrap, Night Race Lebih Menantang Namun Tetap Aman

Suzuki Indonesia Challenge 2015 Sidrap Night Race Lebih Menantang Namun Tetap Aman

IR – Rasa penasaran bagaimana rasanya membalap dimalam hari akhirnya terjawab, PT. Suzuki Indonesia Challenge (SIS) sebagi penyelenggara Suzuki Indonesia Challenge (SIC) 2015 putaran keempat di sirkuit RMS Land Rapang, Sidrap Sulawesi Selatan yang digelar malam hari pada 6-7 Februari 2015.

Pada sesi simulasi balap malam 5 unit Suzuki Adress disiapkan PT. SIS untuk dicoba para jurnalis, lengkap dengan safety gear dan satu orang mentor yang merupakan instruktur safety riding PT. Suzuki Indonesia Sales. Motor uji tersebut terlebih dahulu ditutup bagian lampunya sehingga penerangan murni dari 248 tiang lampu yang tersebar di tepi sirkuit.

“Dengan test ini diharapkan teman-teman mengerti perbedaan balap siang hari dan malam hari. Sekaligus membuktikan bahwa balapan kali ini sangat aman karena didukug penerangan yang maksimal,” ujar Yohan Yahya selaku GM Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales.

Meski motor yang digunakan berbeda dengan yang dipakai balap, begitupun kecepatan karena berhubungan dengan skill pengendaranya namun dapat dibuktikan bahwa lampu penerangan yang tersebar di seluruh penjuru sirkuit mampu memberikan penerangan optimal.

Sinar dari lampu yang masing-masing memiliki kekuatan 400 watt tidak membuat mata pembalap silau, penempatannya yang telah diperhitungkan membuat tiap sisi sirkuit mendapat penerangan yang sama.

Namun yang menjadi tantangan adalah sering dikejutkan oleh bayangan yang muncul, baik itu bayangan diri sendiri atau dari pengendara lain. Visor alias kaca helm pun harus benar-benar jernih, karena jika kotor ataupun ada goresan akan menimbulkan pantulan cahaya yang pecah membuat konsentrasi pebalap terganggu.

“Enaknya balapan malam adalah fisik tidak teralu terkuras akibat sengatan panas matahari, karena saya sudah terbiasa maka tidak ada kendala soal pencahayaan ataupun bayangan yang muncul,” ujar Andi Akhsan Sumo pebalap yang membela Suzuki SGM KYT FDR Racing Team asal Makassar.

Balapan malam memang menuntut perlakuan yang berbeda dibanding balapan siang hari, pebalap dituntut lebih peka terhadap kondisi sekitar karena seterang apapun pencahayaan lampu akan berbeda cahaya alam alias matahari, ini yang akan mempengaruhi jarak pandang.

Penulis

Adithya Nurcahyo's picture
Adithya Nurcahyo
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top