Jelang Balap MotoGP Jepang sirkuit Motegi

Jelang Balap MotoGP Jepang sirkuit Motegi

Sirkuit Motegi Awalnya sirkuit ini dibangun tahun 1997 oleh Honda untuk membawa IndyCar Series ke Jepang. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang balap open wheel Amerika.

  

Sirkuit ini memiliki nama Twin Ring Motegi. Nama "Twin Ring" diberikan, memang karena dalam sirkuit ini terdapat dua lintasan balap. Yang satu berbentuk oval dengan panjang 2.493 meter. Yang satunya lagi dipakai untuk balap seperti MotoGP dengan panjang lintasan 4.8 kilometer.

Sirkuit kedua Motegi yang digunakan untuk balap seperti Moto GP memiliki banyak tikungan tajam dan hairpin, total seluruhnya 14 tikungan. Akibatnya trek ini banyak tidak disukai oleh pembalap MotoGP. Termasuk The Doctor, Valentino Rossi.

Bahkan di sirkuit ini, pernah terjadi kecelakaan yang menyebabkan banyak pembalap MotoGP terjatuh pada tahun 2004. Insiden ini sekaligus jadi keuntungan bagi Makoto Tamada sebagai pembalap tuan rumah. Ia tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dan mempersembahkan podium pertama. Tentunya ini sedikit mengobati kerinduan rakyat Jepang setelah kehilangan pembalap berprestasi Daijiro Kato.

Selain 2 sirkuit utama, sirkuit kedua Motegi juga bisa dirubah menjadi sirkuit kecil. Yang satu disebut East Road Course, dengan panjang 1.4 km dengan 6 tikungan. Satunya lagi disebut West Road Course,dengan panjang 3.4 km dengan 11 tikungan. Ditambah lagi 1 sirkuit kecil yang disebut North Short Course. Berada terpisah dari Twin Ring dan digunakan untuk balap Karting dan Formula 4.

Tercatat Pembalap yang paling sukses di sirkuit ini adalah Loris Capirossi, dengan mengantongi 3 kemenangan dengan motor Ducati dalam tiga musim berturut-turut. Dan ini sejarah paling penting bagi pembalap asal Italia itu.

Profil sirkuit Motegi
Motegi Jepang
Length : 4.801 m. / 2,983 miles
Width : 15m
Left corners : 6
Right corners : 8
Longest straigh t: 762 m. / 0,473 miles
Constructed : 1997
Modified : 1997

Penulis

enzojoey's picture
enzojoey
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top