Harapan Sederhana Sahidin si Anak Buruh

Pemenang Kontes Mekanik SMK Honda

IR – Sahidin, masih mengusap air matanya selepas menerima penghargaan dari atas panggung. Dari sorot matanya terlihat kelegaan luar biasa walau tampak badannya agak sedikit lemas. Baju putih bertuliskan Sekolah Menengah Kejuruan Teladan Kertasemaya yang digunakan menjadi saksi bisu betapa sulitnya ia berjuang untuk Juara Pertama.

Ya, Sahidin adalah pemenang pertama dari  “Honda 7th West Java Region Technical Skill Contest For Technical High School 2016” pada 30 – 31 Januari 2016 di SMK YPC (Yayasan Pesantren Cintawana) kota Tasikmalaya. Sahidin berasal dari Indramayu.

Kertasema adalah sebuah kota kecil di wilayah Indramayu Jawa Barat. Dan dari kota inilah seorang pelajar SMK bernama Sahidin berjuang untuk mendapatkan nomer 1 dari 6000 peserta yang ikut bersaing di wilayah Jawa Barat. Kota kecil yang banyak masyarakatnya bekerja sebagai petani dan juga buruh pabrik.

Harapan Sahidin sederhana, ia hanya berharap terus dapat berjuang dan menang di tingkat Nasional. Harapan yang pasti akan berat mengingat perjuangannya belum berakhir. Namun ia tampak bangga dengan mengajak serta sang guru pendamping ikut berfoto bersama. Ia didampingi 2 guru pendamping teknik sepeda motor yang ikut serta mendampinginya bertanding.

Sang guru pendamping Adi Sukardi mengatakan, “Sahidin harus terus memperkuat mental karena, kamu menang karena mental. Mental Juara itu tidak mudah panik, dan terus fokus menghadapi ujian.” Begitu juga salah satu guru pendamping lainnya yaitu Saeri yang menambahkan, bahwa materi ujian ini sebenarnya lumayan mudah, namun memang besarnya tekanan disaat bertanding menyebabkan banyak peserta hilang fokus dan akhirnya gugur.

Selain uang tunai 2,5 juta rupiah, Sahidin berhak mendapatkan trophy Juara Pertama serta hadiah tambahan berupa Wild Wings. Wild Wings sendiri merupakan sebuah tool set yang digunakan untuk mencek dan menyetel velg motor. “Hadiah ini untuk bengkel di sekolah nanti mas,” ujarnya sembari tersenyum.

Rencana kejuaraan nasionalnya sendiri di April depan, dan dipastikan ikut hadir peserta yang terseleksi di tingkat provinsi dimana 34 provinsi akan ikut serta. Dan tiap wilayah provinsi akan membawa juara juaranya, dimana juara 1 sampai 3 akan kembali ikut bertanding di Nasional. Bagaimana kisah Sahidin selanjutnya? Kita ikuti lebih lanjut di indonesiariders.com.

 

Penulis

thefannan's picture
thefannan
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top