Pengijauan Mangrove, Kunjungilah Bulak Setra Pangandaran

Pengijauan Mangrove Bulak Setra Pangandaran Penanaman Bakau

IR – Bulak Setra lebih dikenal sebagai kawasan wisata edukasi, khususnya edukasi lingkungan. Kawasan ini terletak di Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Jawa Barat. Bulak Setra sendiri diresmikan pada 7 mei 2014. Kawasan ini terdiri dari teluk pinggir pantai yang dipenuhi dengan hutam bakau disekelilingnya, dan terdapat monument besar bertulisakan Bulak Setra.

Untuk memcapai kawasan ini dari pangandaran tidak terlalu sulit, namun untuk sampai masuk ke dalam kawasan dengan menggunakan motor memang butuh pengorbanan. Namun para riders bisa memarkirkan kendaraannya di pint masuk kawasan dan kemudian menaiki perahu yang memang disediakan untuk masuk ke dalam. Dengan perahu kita dapat menikmati kawasan bakau yang tampak seperti danau besar.


Seampainya ke dermaga, kita pasti dusuguhi dengan jembatan bamboo untuk menuju ke monument Bulak Setra. Sayang menurut pengelola dahulu monument ini dilengkapi dengan lampu tembah sehingga dapat dilihat pada malam hari, namun lampu lampu itu hilang karena dicuri. Walhasil monument ini kemudian tidak dapat terlihat lagi.


Di kantor wisata edukasi, kita akan temui berbagai aktifitas yang dilakukan para komunitas disini. Antara lain adalah aksi penamanan bakau, dan kita juga dapat mencobanya. Bahkan kita bisa melaksanakan berrombongan dengan teman teman club motor atau rekan sekerja bahkan keluarga.

Mereka daro bulak setra akan menyiapkan segala sesuatunya apabila ingin kesana untuk menanan bakau. Sekali kali berikanlah peninggalan untuk lingkungan dengan menanam pohon bakau untuk mencegah abrasi dan erosi di pantai.  Penghijauan Mangrove mungkin jadi salah satu agenda riders sekalian, merapatlah ke Bulak Setra Pangandaran.

Penulis

thefannan's picture
thefannan
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top